Semakin hari semakin seru saja, banyak membaca semakin banyak pula pengetahuan kita . sudah makan bukan ? biar ada energi dan membaca artikel tidak sia sia heheh Tahukah soabt estudy, aplikasi paling keren saat ini adalah Instagram? Instagram merupakan aplikasi gratis dari iTunes yang berfungsi sebagai tempat untuk mengunggah foto-foto. Aplikasi ini dapat digunakan di dalam alat komunikasi seperti iPhone, ataupun iPod yang memiliki versi iOS 3.1.2. Instagram diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger yang tergabung dalam perusahaan yang telah mereka kembangkan sendiri yaitu, Burbn, Inc.Nama Instagram sendiri berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang dulu lebih dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat. Seperti halnya dengan Instagram yang dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehinggainformasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal dari instan-telegram.
Kegunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto saja, tetapi juga dapat digunakan untuk menyunting sebuah foto. Pada saat ini Instagram telah memiliki 16 efek yang dapat digunakan untuk menyunting foto. Melalui Instagram, foto-foto tersebut juga dapat diunggah melalui jaringan sosial, seperti facebook, twitter, foursquare, flickr, dan juga posterous. Asyik juga ya.....Fitur-fitur dan Kegunaan Instagram
- PerlombaanSebagai sebuah medium untuk mengundah foto, salah satu kegunaan dari Instagram sendiri adalah untuk menjadi tempat ajang lomba fotografi. Di dalam perlombaan ini, para penyelenggara lomba menggunakan tanda label untuk menandakan bahwa foto yang telah diunggah tersebut telah mengikuti lomba tersebut. Sebuah perlombaan foto melalui Instagram adalah salah satu cara untuk membuatsebuah produk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penyelenggara juga memberikan jangka waktu tertentu agar makin banyak pengguna dari Instagram yang mengikuti perlombaan tersebut. Pada umumnya perlombaan yang diadakan melalui instagram ini, tidak hanya memberikan hadiah, melainkan juga dengan menjadi pemenang maka akan lebih dikenal lagi di dalam dunia Instagram oleh para pengguna lainnya. Hal ini memungkinkan pengikut dari pengguna Instagram tersebut akan bertambah banyak.
- Publikasi Kegiatan SosialSebagaimana kegunaan sosial media lainnya, Instagram menjadi sebuah medium untuk memberitahukan mengenai sebuah kegiatan sosial, dari berbagai segi manca negara ataupun lokal. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini adalah dengan menggunakan label Instagram. Dengan menggunakan label yang membahas mengenai kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti hal tersebut. Dengan demikian Instagram menjadi salah satu alat promosi yang baik dalam menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label#thisisJapan projek dimana dia menggunakan label di dalam Instagram untuk menarik perhatianpara masyarakat international untuk membantu bencana alam yang terjadi di Jepang pada awal tahun lalu.
- Publikasi OrganisasiDi dalam Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang mempublikasikan produk mereka. Contohnya saja seperti Starbucks, Red Bull, Burberry, ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang sudah menggunakan mediasosial untuk memperkenalkan produk-produk terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan agar mereka tidak harus mengeluarkan biaya sepersen pun untuk melakukan promosi tersebut. Tidak hanya itu saja, tetapi melalui Instagram para produk tersebut dapat berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan mereka. Hal ini juga dimanfaatkan oleh para produk-produk tersebut, untuk mendapatkan konsumer lebih banyak lagi, terlebih lagi bila mereka ingin mendekati pelanggan yang belum pernah menggunakan produk mereka. Lebih banyak lagi organisasi yang menggunakan Instagram sebagai sebuah media informasi kepada masyarakat luasGeotaggingSetelah memasukkan judul foto tersebut, bagian selanjutnya adalah bagian Geotag. Bagian ini akan muncul ketika para pengguna iDevice mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka tersebut. Dengan demikian iDevice tersebut dapat mendeteksi lokasi dimana para pengguna Instagram tersebut berada. Geotaggingsendiri adalah identifikasi metadata geografis dalam sebuah media situs ataupun foto. Dengan geotagging para penguna dapat terdeteksi dimana mereka telah mengambil foto tersebut atau dimana foto tersebut telah diunggah.Jejaring SosialDalam membagi foto tersebut, para pengguna juga tidak hanya dapat membaginya di dalam Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi juga melalui jejaring sosial Facebook,Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, dan juga posterous, yang tersedia di halaman untuk membagi foto tersebut.Tanda SukaInstagram juga memiliki sebuah fitur tanda suka yang dimana fungsinya sama seperti apa yang ada di dalam Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diundah oleh pengguna yang lain. Berdasarkan dengan durasi waktu dan jumlah suka pada sebuah foto di dalam Instagram, hal itulah yang menjadi faktor khusus yang mempengaruhi apakah foto tersebut populer atautidak. Namun dalam hal ini tentu saja, jumlah pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting. Bila sebuah foto tersebut menjadi populer, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke dalam halaman populer tersendiri.Berita terbaru mengenai Instagram, pada tanggal 9 April 2012, Facebook telah membeli Instagram dengan harga USD 1 miliar atau sekitar Rp 9,1 triliun. Wow, luar biasa!
- Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi 2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebarmelalui Apple App Store dan Google Play.
- Instagram didirikan oleh dua pemuda lulusan Stanford University, Kevin Systrom dan Mike Krieger. Sampai saat ini, Instagram yang berbasisdi San Francisco tercatat baru memiliki 13 orang karyawan.
- Instagram dinobatkan sebagai App of The Year2011 di Apple iTunes.
- Instagram langsung menjadi aplikasi populer di Android. Sebanyak satu juta unduhan dilakukanuser Android dalam 12 jam ketersediaan Instagram di toko aplikasi Google Play.
- Lima besar negara dengan pengguna Instagram paling banyak adalah Amerika Serikat, Jepang, Brazil, Spanyol, Jerman dan Inggris.
- Facebook membeli Instagram senilai USD 1 miliar. Dengan jumlah 30 juta anggota, berarti setiap anggota Instagram bernilai sekitar USD 33.
- Pihak Instagram menyatakan saat ini terdapat 30 juta pengguna aplikasinya yang mengupload lebih dari 5 juta foto baru setiap hari. Padahal pada Desember 2011, jumlah penggunanya masih 15 juta. Sampai akhir 2011, sudah 400 juta foto diposting ke Instagram
- Instagram diluncurkan sebagai aplikasi di App store pada tanggal 6 Oktober 2010. Kemudian pada 3 April 2012, aplikasi ini diluncurkan di toko aplikasi Google Play untuk pengguna sistem operasi Android.
- Kevin Systrom, salah satu pendiri Instagram pernah bekerja di Google. Ia juga pernah mendapat tawaran kerja di Facebook pada tahun 2004, namun ia menolaknya.
terimakasi sudah membaca estudy
ConversionConversion EmoticonEmoticon