setelah mengetahui fungsi advertising . dibawah ini terdapat fungsi advertising dari beberapa ahli . mangga disimak
Adapun fungsi advertising di dalam memasarkan produk perusahaan menurut Sofyan Assauri (2002:247) adalah sebagai berikut:
1. Sebagai alat untuk memberi infogan dalam memperkenalkan produk baru ke pasaran.
2. Untuk membantu ekspansi atau perluasan pasar.
3. Untuk menunjang program personal selling.
4. Untuk mencapai orang-orang yang tidak dapat dikunjungi para pramuniaga (sales person).
5. Untuk membentuk nama baik (good will) perusahaan.
Sedangkan menurut Basu Swasta (2000:246) adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi
Advertising dapat memberikan informasi lebih banyak, baik tetnang harga, ataupun informasi lain yang berguna bagi konsumen. Tanpa adanya informasi tidak banyak mengetahui tentang suatu barang. Jadi, advertising dapat menambah nilai pada suatu barang dengan memberikan informasi kepada konsumen.
2. Membujuk dan mempengaruhi
Advertising tidak hanya memberitahu saja, tetapi ada juga yang bersifat membujuk terutama kepada calon pembeli dalam hal ini membujuk, misalnya suatu produk tertentu leih baik dibandingkan produk lain.
3. Menciptakan kesan
Dengan advertising, orang akan mempunyai kesan tertentu tentang apa yang diadvertensikan. Dalam hal ini pemasangan advertising harus berusaha untuk menciptakan kesan sebaik-baiknya, karena kadangkala pembeli suatu barang tidak disadari secara rasional, tetapi cenderung untuk mempertahankan/meningkatkan gengsi belaka.
4. Memuaskan keinginan
Sebelum memilih dan membeli produk, kadangkala orang ingin mengetahui lebih dulu maccam barang yang akan dibeli, apakah benar-benar sesuai dengan keinginan mereka. Jadi disini, advertising merupakan su atu alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan yaitu berupa pertukaran yang saling menguntungkan.
5. Sebagai alat komunikasi
Advertising adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli, sehingga keinginan mereka dapat terpenuhi dengan cara mudah, sehingga diharapkan dapat terjadi pertukaran yang saling menguntungkan.
Jadi fungsi advertising disini adalah sebagai media komunikasi yang dapat memberikan informasi serta kesan tertentu terhadap suatu barang yang diadvertisingkan. Disamping itu, fungsi advertising juga dapat mempengaruhi seseorang untuk memilih yang terbaik dan menguntungkan dalam usaha memuaskan keinginannya.
semoga artikel diatas bermanfaat
ConversionConversion EmoticonEmoticon