Seru kan tiap hari semakin bertambah ilmu dan informasi yang sobat dapatkan. Setelah kemarin mengulas tentang kelebihan twitter dibanding facebook . sekarang masuk ke benchmark / membandingkan kedua situs tersebut untuk hall berbisnis . Bicara soal omedia sosial untuk bisnis memang tidak ada habisnya. Salah satu pertanyaan yang kerap kali ditanyakan adalah pertanyaan seperti yang ada di judul artikel kali ini. Tidak ada yang salah sih dengan pertanyaan ini, tujuannya baik – untuk menentukan fokus. Dengan begitu kita tidak membuang-buang tenaga dan waktu untuk melakukan optimasi (yang mungkin saja tidak menghasilkan konversi besar terhadap bisnis yang dibangun).
Perbedaan Antara Facebook dan Twitter
Mari kita bahas terlebih dahulu perbedaan dan kelebihan antara Facebook dan Twitter. Berikut kita bagi dua penjelasannya.
- Kelebihan Twitter
Twitter bagus digunakan sebagai sarana pemberitahuan atau istilah kerennya broadcast. Fiturnya yang simpel memudahkan orang lain me-retweet dan membalas apa yang Anda bagikan. Apa yang Anda bagikanpun segera dibaca oleh follower dari follower Anda tersebut. Inilah salah satu kelebihan Twitter dibandingkan Facebook. Social media Twitter juga jauh lebih mudah dan simpel digunakan, khususnya di perangkat mobile.
- Kelebihan Facebook
Berterimakasihlah pada fitur Likes yang memudahkan Anda untuk mengkategorikan interest dari (calon) customer Anda. Fitur ini tidak ada di Twitter.
Anda bisa melakukan kustomisasi dengan lebih mudah terhadap aplikasi Facebook dan bisa pula menambahkan aplikasi sendiri. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh feedback yang lebih umum lagi. Dan yang pasti jumlah pengguna Facebook jauh lebih banyak daripada Twitter.
Lalu Mana yang Lebih Bagus untuk Bisnis, Facebook atau Twitter?
Kembali pada pertanyaan soal mana yang lebih bagus. Pada dasarnya kita tidak bisa memberi label mana yang bagus dan mana yang tidak secara general. Tetapi, lebih daripada itu, sesuaikan dengan jenis bisnis Anda. Ada dua tipe campaign yakni:
- Brand awareness
- Brand engagement
- Pertumbuhan Twitter yang semakin cepat dibandingkan dengan Facebook.
- Anda bisa menggunakan public figure / influencer untuk membantu penjualan Anda. Memang Facebook sekarang menghadirkan fitur Fanpage untuk para public figure ini namun kebanyakan public figure lebih sering meng-update di Twitter.
- Anda akan mendapatkan lebih dari sekadar Like. Sebagaimana telah disinggung di poin mengenai Twitter tadi, memberi Like berarti hanya antara Anda dan follower namun melakukan Retweet atau mention, itu berarti peluang follower dari follower Anda tahu mengenai bisnis Anda akan lebih besar.
- Lebih cepat untuk tahu seberapa efektif informasi yang Anda berikan pada follower.
Sebagai tambahan, apakah Anda menggunakan Facebook atau Twitter, berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin meningkatkan konversi:
- Iklan yang menarik, Sekarang ini, brand yang dianggap lebih ‘humanis’ karena hadir dengan konsep yang lebih menarik – jauh lebih diperhatikan. Maka dari itu, konsep soft-selling yang hadir dengan konsep iklan yang kreatif lebih disukai ketimbang hard-selling.
- Manajemen reputasi, Yap! Brand Anda akan lebih cepat menyebar di social media, ini karena sebagian besar netizen menghabiskan waktu di social media. Namun, Anda ingin reputasi yang menyebar seperti apa? Baik atau buruk? Oleh karena itu, manajemen reputasi yang baik lewat interaksi yang baik – hendaknya dimasukkan dalam daftar tugas Anda.
- Kelola secara profesional, Apa yang akan Anda bagikan, segala bentuk kreasi yang menarik, goal apa yang akan dicapai hendaknya dikelola secara profesional. Dengan begitu, Anda tidak membuang waktu dan tenaga karena ‘berinteraksi tanpa tujuan’.
terimakasih
ConversionConversion EmoticonEmoticon