Setelah postingan kemarin yang membahas tenntang pengertian ebusiness macamnya sekarang saya akan mengulas tentang strategi dan model ebusiness, tanpa lama banyak babibu lagi oke langsung yoootttt.
Strategi E-bussiness
- Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
- Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
- Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
- Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
- Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
- Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
- Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.
Ada beberapa model dari ebusiness yaitu
- B2C (Business to Consumers), yaitu bisnis yang dilakukan oleh sekelompok pebisnis yang mengincar langsung konsumen, seperti jual beli online bhinneka.
- B2B (Business to Business), model ini ialah dimana para pebisnis saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan produk yang dijualnya . contohnya seperti situs zalora.com jika barang yang dizalora tidak ada mungkin di situs lainya yang bekerja sama dengan zalora ada dan aka nada transaksi yang menguntungkan kedua pihak .
- C2C (customer to customer) yaitu dimana pebisnis hanya menyediakan tempat para pengiklan untuk memasang iklanya dan tanpa ada sangkutan hubungan saat bertransaksi seperti situs olx.com.
Salam estudy.
ConversionConversion EmoticonEmoticon